Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pengobatan Alamiah dari Bahan Dapur

1. Sabun Lavender, Untuk Membantu Tidur Pulas

Sebuah studi baru, National Sleep Foundation, menegaskan temuan riset sebelumnya menunjukkan, aroma lavender memperbaiki kualitas tidur sampai 30%, tidur nyenyak sampai 49% dan mengurangi stress secara keseluruhan sampai 50%. Studi - studi Jepang menunjukkan, menghirup aroma lavender dapat menurunkan kadar hormon stress cortisol selama beberapa jam.

Cara Menggunakan :
Gunakan sabung yang diwangikan dengan lavender sebelum tidur.
2. Vinegar, Mengatasi Konstipasi

Jumlah asam pencernaam di dalam perut menurun sejalan pertambahan umur sehingga sulit memecah makanan yang dimakan dan karena itu lebih sulit mengeleminasinya. Menurut ahli dari Naturopathic Family Health Clinic, California, minum vinegar meningkatkan kadar keasaman sehingga bisa membantu.
Cara Menggunakan :
Minum 1-2 sendok teh apple cider vinegar dengan keadaan perut kosong.
3.Cengkeh, Mengatasi Sakit Gigi

Cengkeh sudah digunakan untuk mengatasi sakit gigi sejak berabad - abad lalu. Khasiat ini berasal dari eugenol, sejenis senyawa anti-inflammatory dan baal yang juga mengandung khasiat antibakteri.
Cara Menggunakan :
Kunyah beberapa butir cengkeh. Ulangi setiap 90 menit sampai bisa ke dokter gigi.
4. Jahe, Untuk Kram Perut

Minum 1 sendok teh bubuk jahe yang dilarutkan dengan 2 cup air panas atau jus apel dapat menghentikan kram di usus bagian bawah.
5. Sage, Mengatasi Kembung Mens

Riset menunjukkan, senyawa - senyawa di dalam sage menggantikan estrogen yang memicu penimbunan cairan. Selain itu, sage mengandung tannins yang membantu mengeringkan cairan berlebihan. Tak heran jika dalam salah satu studi ditemukan, minum ekstrak sage mengurangi keringat di ketiak wanita sampai separuhnya.
Cara Menggunakan :
Tambahkan 1 sendok teh sage yang dikeringkan pada secangkir air mendidih. Diamkan 5 menit, saring, dan maniskan sesuai selera. Minum sampai 3 cangkir sehari.
6. Air Tajin, Mengatasi Diare

Bangsa Asia menggunakan air tajin untuk mengatasi diare. Untuk mendapat air tajin, saat memasak nasi, beri air dua kali lebih banyak dari biasanya. Masak sampai jadi bubur. Saring untuk memisahkan air dari butir nasi. Ambil airnya untuk diminum. Air tajin kaya serat larut yang membentuk gel didalam saluran cerna yang menarik air dan menambah bulk pada feses (kotoran).
Cara Menggunakan :
Beri sedikit garam dan minum 230 cc setiap 4 jam.
7. Jus Ceri, Mengatasi Insomnia

Sebuah studi baru mengungkapkan, ceri adalah sumber top melatonin, hormon tidur yang mengatur jam tubuh untuk memberitahu kita kapan tidur.
Cara Menggunakan :
Campur 230 ml air dengan 30 ml jus ceri concentrated, yang mengandung melatonin 10 kali lebih banyak dibanding ceri segar atau ceri yang dibekukan.
8. Telur, Mencegah Sakit Kepala

Makan sarapan berupa makanan dari tepung yang dihaluskan dapat menyebabkan sakit kepala. Karbohidrat yang dihaluskan dan gula darah naik, tapi cepat turun lagi. Hal ini dapat memicu spasm di dalam pembuluh darah di kepala. Telur dan protein tak berlemak lainnya dicerna secara perlahan, membantu gula darah tetap stabil sampai makan siang. Jika sering terburu - buru di pagi hari, coba rebus telur matang pada malam sebelumnya. Keesokannya, anda tinggal ambil dan berangkat.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar