Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Batu Topaz, Si Batu Transparan

Topaz adalah batu mineral silikat dari alumunium dan fluor. Topaz mengkristal dalam ortorombik dan yang kristal prismatik kebanyakan diakhiri dengan wajah piramidal.


Topaz murni tidak berwarna dan transparan, namun biasanya berwarna oleh pengotor. Topaz yang khas berwarna kuning, pucat abu - abu, kemerahan-oranye, atau biru coklat.Dapat juga dibuat menjadi putih, hijau pucat, biru, emas, pink (jarang ditemukan), kuning-kemerahan atau buram (untuk transparan).
Oranye topaz, juga dikenal sebagai topaz berharga, termasuk batu bulan November, simbol persahabatan, dan batu permata negara untuk negara AS Utah.
Blue Topaz, permata negara bagian AS Texas. Blue Topaz yang terjadi secara alami cukup langka. Biasanya tidak berwarna atau kuning dan biru abu - abu atau pucat.
Imperial Topaz berwarna kuning, merah-muda atau pink-oranye. Brazil Imperial Topaz sering berwarna kuning terang sampai rona coklat-keemasan bahkan kadang - kadang berwarna ungu.
Topaz biasanya mengkristal dalam granit pegmatites dalam aliran lava riolit. Biasanya topaz ditemukan di Pegunungan Ural dan Pegunungan Ilmen di Rusia, Afganistan, Srilangka, Australia, Nigeria, Amerika Serikat, Pulau Flinders, Meksiko, Jepang, Brazil, Swedia, Italia, Pakistan, Republik Ceko, Norwegia, dan Jerman.
Nama Topaz sendiri berasal dari kata Yunani yaitu Topazion atau Topazios. Di bahasa Prancis Kuno Topaz disebut sebagai Topace dan di bahasa Latin disebut Topazus.
Facet Cut Gemstone Topaz, termasuk batu mistik.
undefined Imperial Topaz Gem
undefined Topaz Emas Amerika
 Blue Topaz Swiss

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar