Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Batu Opal, Batunya Scorpio dan Libra

Opal adalah amorf bentuk silika yang terkait dengan kuarsa, berbentuk mineraloid tetapi bukan mineral. Sekitar 3% sampai 21% dari berat totalnya adalah air. Opal adalah batu permata nasional Australia.

Struktur internal Opal membuat lentur cahaya, tergantung kondisi dimana ia terbentuk sehingga dapat menyerap banyak warna. Opal bekisar dari putih, abu - abu, merah, oranye, kuning, hijau, biru,
magenta, mawar, merah muda, batu tulis, zaitun, coklat, dan hitam. Warna merah dan hitam adalah yang paling lanka, sementara putih dan hijau yang paling lazim ditemukan. Opal bervariasi dalam kepadatan optik dari buram ke semi-transparan.Untuk penggunaan batu permata, biasanya warna batu yang mendasari adalah yang gelap, seperti basal.
Pembuluh darah opal menampilkan permainan warna yang sering terlihat cukup tipis. Opal doublet adalah lapisan tipis oval, didukung oleh mineral kehitam - hitaman seperti ironstone, basal, atau obsidian. Dukungan gelap ini menekankan permainan warna.
Selain varietas batu permata yang menunjukkan permainan warna, ada jenis lain dari varietas opal yang umum seperti susu opal, susu kebiruan hingga kehijauan, resin opal yang warnanya madu-kuning dengan keharuman resin, kayu opal yang disebabkan oleh penggantian didalam kayu dengan opal, menilite yang berwarna coklat keabuan, hyalite yang terkadang disebut Kaca-Muller, geyserite juga disebut sinter mengandung silika.
Varietas lain dari batu opal adalah Girasols, yang umum disebut sebagai opal api, yang transparan dengan warna tubuh kuning, oranye, merah atau kuning-oranye. Mereka biasanya tidak menunjukkan permainan warna. Opal api yang tidak menunjukkan warna biasa disebut opal jelly.
Ada juga opal peru (juga disebut opal biru) batu semi-opak yang buram hijau-biru yang ditemukan di Peru.
undefined  Opal susu
    Opal api
Negara yang paling terkenal memproduksi batu opal adalah negara Australia, dimana negera ini memproduksi sekitar 97% batu opal dunia. Dimana 90% - nya disebut sebagai cahaya opal. Kota Coober Pedy di Australia Selatan  merupakan sumber utama opal. Permata terbesar di dunia dan opal paling berharga, Olimpiade Australis, ditemukan pada bulan Agustus 1956 di Kota Coober Pedy, Australia. Beratnya 17.000 karat (3.450 gram) dengan panjang sekitar 11 inci. Harganya sekitar 2.500.000 dollar Australia.
Nama 'opal' sendiri didapat dari istilah opalus Romawi. Namun, ada juga yang mengatakan kata 'opal' didapat dari Bahasa Sanksekerta yaitu upala. Klaim lain yang umum diadaptasi dari dari kata Yunani, opillos. Referensi untuk permata yang dibuat oleh Pliny the Elder, disarankan itu diadaptasi dari Ops, istri Saturnus dan dewi kesuburan. Porsi Saturnalia dikhususkan untuk Ops adalah 'Opalia', mirip dengan opalus.
Pada abad pertengahan, opal dianggap sebagai batu yang dapat memberikan keberuntungan besar karena diyakini memiliki setiap batu permata yang diwakili oleh spektrum warna opal. Dalam novel Scott, opal diyakini memiliki kekuatan supranatural. Ketika setetes air suci jatuh diatas jimat, opal berubah menjadi batu berwarna dan Baroness (tokoh dalam novel) meninggal sesudahnya. Karena kepopularitasan novel Scott, orang - orang memandang opal sebagai nasib buruk dan kematian. Bahkan baru - baru ini, opal dipercaya dapat mewujudkan mata iblis.
Opal dianggap sebagai birthstone untuk orang - orang yang lahir pada bulan Oktober atau mereka yang ber-zodiak Libra dan Scorpio.
Opal - opal terkenal :

1)     The Olimpiade Australis, permata terbesar di dunia dan paling berharga opal
2)     The Andamooka Opal , disajikan kepada Ratu Elizabeth II, juga dikenal sebagai Ratu Opal
3)     "Pembakaran Troy", opal disajikan kepada Josephine Beauharnais de oleh Napoleon I dari Prancis
4)     The Api Ratu Opal
5)     The Komet Halley Opal, dipotong terbesar di dunia hitam opal
6)     Jam wajah di atas berdiri informasi di Grand Central Terminal Manhattan, New York
7)     The Roebling Opal, Smithsonian Institution 
8)     The Galaxy Opal - Opal Terbesar Dunia Dipoles - 1992 The Guinness Book of Records

 The Galaxy Opal
  Andamooka Opal
 Roebling Opal

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar