Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Lobi - Lobi, Buah Liar yang Aseemmm... Banget!

Buah lobi - lobi ini rasanya asem banget! Lebih enak jika dibuat manisan atau selai.

Buah lobi - lobi sampai saat ini masih agak sulit dicari. Kalau ada, biasanya dibawa pedagang rujak bebeg atau dijual di toko manisan tertentu. Lobi - lobi termasuk tumbuhan liar yang bisa hidup dimana saja. Tinggi pohonnya bisa mencapai hingga 10 meter. Lobi - lobi mulai berbunga biasanya pada bulan Januari hingga Februari. Sedangkan buahnya mulai muncul beberapa bulan kemudian. Buahnya bergerombol berwarna hijau. Kalau sudah masak berubah menjadi merah.
Buah lobi - lobi bulat kecil hanya sebesar buah ceri. Setiap buah mempunyai enam butir biji kecil. Karena rasanya yang asam, burung dan kelelawar kurang berminat menyantap buah lobi - lobi ini. Akibatnya, lobi - lobi yang berkembang biak dengan bijinya itu sulit menyebar dengan cepat.
Meskipun bisa dibilang termasuk tanaman yang langka, lobi - lobi ada di hampir semua negara di Asia. Seperti, India, Srilangka, Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Uniknya, nama di setiap negara pun berbeda - beda. Di Indonesia disebut lobi - lobi. Di India dan Malaysia disebut tomi - tomi. Di Thailand buah ini disebut ta khop thai. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan lovi - lovi dan looy - looy. Walau namanya berbeda - beda, mereka tetap satu. Yaitu lobi - lobi yang memiliki nama latin Flacourtia inermis. :)
   

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar