Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Empat Batu yang Berharga di Dunia

1. Ruby
Batu ruby adalah salah satu batu berharga diantara empat batu. Batu ruby berwarna pink atau merah darah, dengan unsur mineral korundum (alumunium oksida). Warna merah pada ruby disebabkan oleh adanya unsur kromium.
Harga batu ruby ditentukan oleh warnanya. Batu ruby yang paling berharga disebut merpati yang berwarna merah darah.
Nama ruby berasal dari bahasa Latin yaitu ruber yang berarti merah.
undefined       
               
kristal ruby alami
undefined
ruby dengan inklusi
2. Berlian
Dalam mineralogi, berlian adalah sebuah alotrop karbon, dimana karbon atom tersebut diatur dalam variasi dari kubik berpusat muka struktur kristal yang disebut kisi berlian. Berlian terkenal sebagai bahan dengan kualitas fisik superlatif, yang sebagian besar berasal dari ikatan kovalen yang kuat antara atom - atomnya. Secara khusus, berlian kekerasan dan konduktivitas termal tertinggi dari berbagai baham massal.
Berlian memiliki karakterisitik optik yang luar biasa. Karena kisi sangat kaku, dapat terkontaminasi oleh jenis kotoran yang sangat sedikit, seperti boron dan nitrogen. Berlian juga memiliki dispersi optik yang relatif tinggi (kemampuan untuk membubarkan cahaya warna yang berbeda) yang menghasilkan karakteristik berkilau.
Kebanyakan berlian terbentuk pada tekanan tinggi dan kondisi temperatur yang tinggi di kedalaman 140 - 190 km di mantel bumi. Berlian dibawa ke permukaan bumi melalui letusan gunung berapi oleh magma yang mendingin menjadi batuan beku yang dikenal sebagai kimberlites dan lamproites.
Sebuah batu permata besar persegi panjang merah muda multifaset, ditetapkan dalam surround dekoratif. Dekorasi termasuk deretan kecil segi batu permata yang jelas di sekeliling permata utama, dan cluster permata membentuk puncak di satu sisi. Puncak ini terdiri dari sebuah mahkota menunjuk tiga dihadapi oleh dua hewan diidentifikasikan.
The Darya-I-Nur Diamond
Sebuah permata yang jelas didukung segi empat klem melekat cincin kawin
Cincin Berlian
3. Safir
Safir adalah batu permata yang terbentuk dari berbagai mineral korundum. Safir berasal dari bahasa Yunani 'sappheiros' yang berarti batu biru. Elemen lain batu safir seperti besi, titanium, atau kromium dapat memberikan korundum biru, kuning, pink, ungu, oranye, atau kehijauan. Ada juga safir pink-oranye yang juga disebut padparadscha. Safir tidak memiliki warna merah, karena batu permata yang terbentuk dari mineral korundum yang berwarna merah hanyalah ruby.
Safir umumnya dipakai sebagai perhiasan. Safir dapat ditemukan secara alami dengan mencari melalui sedimen tertentu. Safir juga dipakai dalam beberapa aplikasi non-hias seperti komponen optik inframerah atau arloji kristal.
undefined
Safir Biru Logan 423 karat

Faceted padparadscha
4.Zamrud
Zamrud adalah batu permata variasi dai mineral beryl berwarna hijau dengan jejak kromium dan vanadium. Beryl memiliki kekerasan dari 7,5-8 pada 10 titik skala Mohs kekerasan mineral.
Kata Zamrud atau Emerald berasal dari bahasa Latin Vulgar yaitu esmaralda, yang merupakan varian dari bahasa Latin yaitu smaragdus yang berasal dari bahasa Yunani yaitu  smaragdos yang berarti permata hijau.

The Emerald Gachala, salah satu permata zamrud terbesar di dunia
undefined
A-5 carad zamrud yang berasal dari Muzo

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar