Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Buah Makin Ranum Makin Manis

Buah bukan hanya menjadi manis saat masak, tetapi biasanya juga berubah warna dan lebih baik untuk menarik hewan yang lewat.
Buah begitu tertarik pada hewan, dan begitu pula sebaliknya. Mengapa? Karena terciptanya buah juga dibantu oleh kegiatan kegiatan serangga.
Buah adalah ovarium atau indung telur tumbuhan, seperti indung telur di tubuh wanita.(Ovarium adalah organ dimana sel-sel telur dihasilkan). Tetapi, tidak seperti manusia wanita yang hanya memiliki dua ovarium, tumbuhan dapat dipenuhi dengan ratusan ovarium.


Buah apel yang berbuah menunjukkan bahwa tumbuhan memiliki ratusan ovarium
Bagaimana cara kerjanya? Ovariu di bunga, seperti bunga apel memiliki ovula, yaitu sel-sel telur tumbuhan. Setelah serbuk sari menyerbuki sel-sel telur, mereka tumbuh menjadi biji. Sementara itu, ovarium yang membungkus mereka, berkembang menjadi buah. Pada akhirnya, apa yang kamu dapatkan adalah apel, dengan biji coklat kecil ditengahnya, masing - masing mengandung informasi yang dibutuhkan untuk tumbuh menjadi tanaman baru.
Semua makhluk di bumi memiliki keahlian untuk berkembang biak. Semua ingin memastikan bahwa spesies dan gen gen tertentu mereka yang mengandung sifat sifat yang membuat mereka unik sebagai individu, bertahan, dan menyebar jauh.

Tapi, bagaimana cara semak beri hitam yang ada di padang rumput menyebarkan biji ke tanah atau ke padang rumput sebelah?
Jawabannya mudah, mereka menggunakan fakta bahwa hewan berjalan dan terbang, hewan yang dapat dengan pergi ke padang rumput sebelah dan lebih jauh lagi. Lalu mereka mengemas benih dengan cara yang tidak bisa ditolak, jadi dengan senang hati para hewan tersebut mengangkut beberapa.
Percuma mengirim benih yang belum masak ke seluruh dunia. Jadi tumbuhan menggunakan indra penlihatan, penciuman, dan pengecapan hewan untuk membuat mereka  hanya memetik buah ketika benihnya sudah masak dan siap untuk tumbuh.
Tetapi ketika biji sudah siap, semuanya berubah. Stroberi misalnya berubah menjadi merah cerah di depan latar hijau, panggilan bagi hewan yang lewat. Stroberi juga bukan hanya berubah warna, tetapi juga menjadi lebih empuk dan manis.

Stroberi yang telah ranum
Bagaimana perubahan itu terjadi? Sebuah enzim menyerang dan melemahkan serat - serat buah, menjadikannya lebih lunak dan berair. Beberapa buah menghasilkan enzim yang mengubah zat tepung ata glukosa menjadi fruktosa dan sukrosa (gula putih). Lainnya dibanjiri gula dari tanaman induk.
Jadi, hewan melahap buah yang ranum. Burung - burung pergi dan memuntahkan biji, sementara hewan lain mengeluarkan biji bersama kotoran, luak misalnya yang mengeluarkan biji kopi bersama kotorannya dan dipercaya oleh petani kopi bahwa biji tersebut merupakan biji kopi yang bermutu bagus. Sejumlah biji akan mendarat di tanah subur, bertunas, dan tumbuh menjadi tumbuhan baru.
Buah yang menjadi manis dan matang adalah contoh yang bagus tentang evolusi bersama tumbuhan dan hewan di bumi. Tumbuhan mengembangkan cara untuk berkembang biak dengan mengandalkan keberadaan hewan lapar yang suka makanan manis.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar