Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Lubang Hitam atau Black Hole? Itu apaan, sih?


Lubang hitam adalah wilayah - wilayah di angkasa di mana gravitasinya begitu kuat, sampai cahay tidak pernah lolos dari tarikannya.
"Mungkin ada beberapa jenis lubang hitam," Kata para ilmuwan. Salah satu jenis mungkin terbentuk ketika bintang tua yang sangat besar mati, (Di seluruh jagad raya ada bintang - bintang yang mati dan lahir setiap hari). Lubang hitam jenis lain diperkirakan
bersembunyi di pusat galaksi. Gelap dan bermassa kolosal, benda benda langit seperti itu mungkin terbentuk dari setara dengan jutaan bintang. Akhirnya, mungkin ada lubang hitam mini seukuran jarum atau kelereng, terbentuk dari sejumlah massa yang relatif kecil dan dimapatkan menjadi gumpalan yang kecilnya tak terbayangkan.
Lubang hitam jenis 1, mungkin terbentuk ketika sebuah bintang yang mengandung materi 8 sampai 100 kali matahari kita mengakhiri hidupnya dalam ledakan dahsyat. Setelah itu, apa yang tersisa dari bintang itu runtuh. Tertarik oleh gravitasinya sendiri, materi bintang menyatu makin lam makin rapat. Di permukaan bintang yang menciut, karena begitu banyak massa dimampatkan ke ruang yang kecil di bawahnya, gaya gravitasinya luar biasa kuat.
Akhirnya, saat penciutan terus berlanjut, bintang itu mungkin menjadi obyek gravitasi permukaannya begitu kuat sampai cahaya pun tidak bisa lolos. Materi dan cahaya tenggelam ke dalam bintang runtuh itulah sebabnya itu dinamakan 'lubang hitam'.
    
Oh, begitu... waduh serem juga, ya! ada gak sih, lubang hitam yang sangat buesssaaarrr di jagad raya ini?
FAKTA UNIK :
Para astronom berpikir mungkin ada lubang hitam raksasa dengan massa lebih dari sejuta matahari di pusat galaksi kita, Bima Sakti.

Para ilmuwan belum dapat membuktikan bahwa lubang hitam supermasif benar - benar ada, tetapi mereka makin mendekati dengan mengarahkan teleskop mereka ke pusat pusat aneh dari banyak galaksi, termasuk galaksi kita dimana lubang jenis kedua ditemukan. Sebuah galaksi yang disebut NGC4261, dua semburan materi yang sangat besar mengalir puluhan ribu tahun cahaya ke antariksa dari pusat galaksi ini.
   
Ini dia Galaksi NGC 4261, Hihihi namanya aja udah unik bin aneh, bagus juga ya, galaksinya...

Mengamati semburan ini para ilmuwan menduga bahwa lubang hitam yang sangat besar bersembunyi di pusat NGC 4261. Dan tahun 1992, teleskop Antariksa Hubble mengirimkan kembali gambar paling tajam sejauh ini mengenai pusat misterius galaksi itu.
Apa yang dilihat para ilmuwan? Kumpulan materi berdebu, bersinar, dan berputar, berbentuk mirip donat itu mungkin lubang hitam raksasa, dengan kandungan setara dengan 10.000.000 bintang. Materi lain mengelilingi lubang itu seperti air di kamar mandi yang mengalir masuk ke lubang bak kamar mandi.
Lubang lubang hitam mini yang sukar ditemukan andaikan ada mungkin sudah menguap sekarang, tetapi mungkin masih ada yang lebih besar tersembunyi di antariksa.

Beberapa Gambar - Gambar Galaksi (Untuk sekedar tahu, hehe...)
 Galaksi NGC 4261
 Galaksi Bima Sakti
Galaksi M87
Galaksi M104 atau NGC 4594
Galaksi M51A
Galaksi NGC 3.370
Galaksi NGC 1512
Galaksi SN1987a (Supernova 1987a)
 Galaksi 2MASX J00482185-2507365occulting pair (Wuihh... Namanya panjang bgt!)

Galaksi Black Eye
Galaksi Grand Spiral
Galaksi M81
Galaksi Hoag's Object
undefinedGalaksi Abell 1835 IR1916


Hehehe... Maap ya baru segini, nanti aku tambah lagi... :P

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar