Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Laba - Laba Black Widow, Menikah, Setelah itu Memakan Pasangannya


Laba - laba black widow atau janda hitam, binatang ini adalah serangga yang beracun dan hidup di seluruh dunia. Kecil kemungkinan laba - laba ini membuat sarangnya di rumahmu, tetapi siapa tahu terjadi.
Ada perbedaan mencolok antara black widow jantan dan bentina. Laba - laba jantan lebih coklat daripada hitam, dengan garis garis hitam memanjang di sisi perutnya. Pola di perutnya sering kali berwarna kusam dan biasanya tidak memiliki bentuk yang jelas. Jantan dewasa hanya menghasilkan sedikit racun, atau bahkan sama sekali tidak, dan racun yang dimilikinya pun lemah. Bahkan tidak dapat membuat serangga lemah.

Sedangkan black widow betina, biasanya menunjukkan pola pola berwarna cerah di perutnya, dan seluruh kelenjar racunnya bekerja dengan baik.Setiap tetes racunnya lebih mematikan dibandingkan bisa ular derik. Dan betina dua atau tiga kali lebih besar daripada laba - laba jantan.                                         
            Black Widow Jantan                                                              Black widow betina
Black widow yang terlihat 'cukup ganas' ini, rupanya agak pemalu. Racun yang membantu black widow menjebak serangga juga berbahaya bagi manusia. Pada tahun 1993, seorang ilmuwan mencatat penderitaannya setelah jarinya digigit seekor black widow. Rasa nyeri dengan cepat menjalar ke lengannya. Dadanya sakit, dan ia merasa mengantuk dan sakit kepala. Denyut jantungnya melambat. Rasa nyeri pun menyebar ke perut, kakinya mulai gemetar, beberapa lama kemudian, ia mulai sesak napas dan sulit bicara. Dibutuhkan sekitar 8 hari sampai semua gejalanya hilang.
Black widow jantan berada dalam bahaya yang sama apabila musim kawin datang. Ia akan menemukan black widow betina sedang bergelantungan di sarangnya, jantan kecil 'mengetuk' pintu si betina menggunakan perutnya dan membuat sarangnya bergetar. Jika si betina balas mengirimkan getaran, si jantan mungkin aman. Jika tidak, si betina bisa menghajar si jantan, membungkusnya dengan sutranya seperti mumi, dan membiarkannya tergantung berhari - hari untuk camilan lezat.
Jika si betina siap kawin, biasanya semua berjalan dengan baik. Sesudah itu, black widow betina hanya makan pasangannya jika ia sangat lapar. Jika tidak, si betina membiarkan si jantan kecil pergi entah kemana.
FAKTA UNIK :
Black widow jantan bukan satu - satunya yang mengalami bahaya saat kawin. Belalang sembah betina sering kali menggigit sampai putus kepala pasangannya setelah kawin.
Pasangan Black Widow, yang paling besar betina, dan yang paling kecil adalah jantan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar