Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Analisa Kegiatan Usaha ROLSHOP - Sherinda Rizky Sabilla (10715057)


Sejarah Kewirausahaan 


Rolshop merupakan sebuah kegiatan usaha yang bergerak di bidang penjualan kerudung. Rolshop didirikan pada Januari 2017 oleh Saffana Haniyya yang merupakan jurusan Sains dan Teknologi Farmasi, Institut Teknologi Bandung. Rolshop dibangun atas dasar kebutuhan sang wirausahawan untuk pergi berlibur. Rolshop merupakan nama yang diambil dari singkatan nama 'Rempong Online Shop'. Rempong merupakan nama dari geng pertemanan Saffana dan online diambil karena penjualan kerudung yang dilakukan berbasis online.

Analisis Karakterisik Wirausaha

Setelah melakukan wawancara dengan pendiri dari Rolshop, saya dapat menganalisis bahwa pendiri memiliki beberapa karakteristik wirausaha. Diantaranya adalah:

  • Motif berprestasi 
Motif berprestasi merupakan nilai sosial yang menekankan pada hasrat untuk mencapai yang terbaik guna memperoleh kepuasan secara pribadi (Gede A.Sdalam Suryana, 2003). Poin tersebut sangat terlihat dari hasil wawancara, dimana sebelum usaha terbentuk, pendiri benar-benar memikirkan usahanya dengan matang. Dari perencanaan harga, pemasok kerudung, hingga rencana distribusi ke konsumen.
  • Berdaya cipta tinggi & berperilaku inovasi tinggi 
Berdaya cipta tinggi adalah saat seorang wirausaha melihat sesuatu yang lama dan berpikir sesuatu yang baru dan berbeda. Selain itu seorang wirausaha harus memiliki kemampuan inovasi yang tinggi. Pendiri berinovasi untuk membuat suatu usaha yang baru, unik dan menarik berdasarkan dari kebutuhan konsumen di sekitaranya sehingga ia dapat menarik konsumen untuk membeli produknya.
  • Visioner 
Arti dari visioner adalah berpikir, berusaha, dan memanfaatkan peluang dengan penuh perhitungan untuk meraih masa depan secara optimis. Poin tersebut juga sudah dimiliki wirausaha, dimana pendiri kedepannya ingin mengembangkan lagi usahanya, bukan hanya menyuplai kerudung di sekitar ITB melainkan juga menyebarkan usahanya lebih luas ke kota Bandung dan bahkan Indonesia.
  • Berkomitmen dalam bekerja 
Wirausaha harus berkomitmen dan sepenuhnya memberikan curahan perhatian dalam mengelola usaha dalam upaya agar usahanya berkembang dan memenangkan persaingan. Poin tersebut sudah dimiliki wirausaha, dimana dalam mengelola usaha komitmen dari pendiri dapat dilihat dari jadwal pembelian produk dan penjualan. Setiap minggu pendiri membuka pre-order untuk konsumen yang ingin membeli kerudung kemudian setiap akhir minggu pendiri akan pergi ke produsen untuk membeli kerudung sesuai pesanan. Jadwal tersebut di lakukan secara berkala dan konsisten oleh pendiri.
  • Mandiri 
Usaha yang dibangun pendiri, berhasil membuat mereka mandiri secara finansial di usia yang muda.
  • Memiliki keterampilan personal 
Keterampilan personal sudah dimiliki oleh pendiri, dimana dalam proses produksi seluruh kegiatan masih dilakukan oleh pendiri, dari pemilihan bahan baku hingga pembuatan produk. 


Analisis Aspek Pasar dan Pemasaran

Potensi pasar dari usaha ini adalah perempuan muda berjilbab yang berada di sekitar ITB. Produk yang dijual merupakan kerudung pashmina saudia seharga Rp. 35.000, kerudung saudia seharga Rp. 20.000, dan kerudung motif seharga Rp. 30.000. Pendiri juga membuka pre-order untuk konsumen yang ingin membeli barang-barang seperti kerudung atau manset untuk acara besar sehingga dibutuhkan banyak produk.

Harga yang ditawarkan cukup murah, sehingga potensi pasar dari penjualan Rolshop dapat dijangkau oleh mahasiswa. Selain itu pemasaran yang ditawarkan berbasis online, sehingga pembeli tidak perlu untuk mendatangi toko, namun tinggal memanfaatkan gadget dan internet pembeli sudah bisa membeli produknya dimanapun mereka berada. Hal tersebut menjadi keunggulan dari pemasaran Rolshop, karena seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini hampir semua orang sudah menggunakan gadget yang tersambung internet. Selain memudahkan konsumen, pemasaran berbasis online juga memudahkan penjual, karena tidak perlu menyisihkan uang untuk menyewa atau membeli tempat dalam menjajakan produknya. Promosi dilakukan via social media yaitu Instagram dan Line. Promosi juga dilakukan dengan mengendorse influencer-influencer terkenal yang ada di social media seperti Instagram. Dengan promosi berbasis online ini, maka lebih memudahkan dalam penjual untuk memperkenalkan produknya kepada konsumen dan memudahkan konsumen untuk mengetahui produk dari penjual.

Analisis Aspek Teknis dan Teknologi

Karena jenis teknologi yang dipakai dalam pemasaran Rolshop merupakan berbasis online, maka penjual tidak perlu memperhitungkan kapasitas tempat dalam menjajakan jualannya. Namun, kapasitas tempat penyimpanan produk. Penyimpanan produk kerudung berada di kontrakan rumah dari pendiri Rolshop yang berlokasi di Sadang Serang. Hal tersebut menyebabkan pendiri tidak memiliki anggaran untuk menyewa tempat baik untuk produksi maupun penyimpanan.

Aspek Manajemen dan Sumber Daya

Struktur organisasi dari Rolshop bersifat dinamis. Pendiri yaitu Saffana berperilaku independen dalam melaksanakan bisnisnya dibantu oleh teman-temannya. Dalam menjalankan bisnisnya, Rolshop belum mempergunakan tenaga kerja dari SDM baik dalam bidang produksi, keuangan, publikasi dan penjualan. 

Aspek Hukum dan Legalitas

Karena masih tergolong baru, Blake belum mengajukan hak paten untuk produknya. Namun kedepannya, akan menindak lanjuti mengenai kepemilikan hak paten atas produk dan merk dari Blake.
Analisis Ekonomi dan Keuangan

Modal awal sebesar Rp200.000,00 yang merupakan modal dari Saffana sendiri. Telah mencapai BEP hanya dalam rentang dua kali produksi sistem keuangan masih berupa pemasukan dan pengeluaran. Dana untuk pengeluaran dialokasikan untuk membeli kerudung saudia yang merupakan produk pertama dan utama dari Rolshop. 

Analisis Aspek Sosial dan Lingkungan

Hubungan antara kondisi sosial dan budaya pada lingkungan penjualan Rolshop dan produk yang dijual sudah sesuai. Rolshop menjual kerudung saudia dengan 48 macam warna. Kerudung saudia yang dijual murah dan dijangkau oleh konsumen.






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

aplikasi android mengatakan...

terimakasih Kak atas informasinya seputar wirausaha, cukup menarik dan bermanfaat...
Aplikasi Kasir Android Gratis

Doyan Main mengatakan...

Permainan Poker Paling Seru Bersama Winning303...
Menghadirkan IG poker...

Dengan 1 User ID, Sudah Dapat Bermain 8 Games Kartu Populer :
1. Texas Poker
2. Omaha Poker
3. Domino QQ
4. Ceme Keliling
5. Bandar Ceme
6. Capsa Susun
7. Bandar Capsa
8. BIG 2

Tunggu Apa Lagi, Ayok Segera Daftarkan Diri Anda Bersama Kami Di Winning303
Dapatkan juga berbagai macam Bonus menarik dalam bermain Poker bersama kami.

Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
WA: +6287785425244

moris mengatakan...

Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.

Waktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662

Posting Komentar