Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pertanyaan Seputar Membran Sel

1.       Bagaimana cara membran sel mempertahankan protein? Apakah membran masih tetap fluid walaupun banyak protein tertanam?
Sel mempertahankan protein dengan cara protein tertanam menembus lapisan lipid bilayer, protein tertanam pada satu monolayer saja, protein terikat dengan protein lain yang berada pada lapisan lipid bilayer dan protein terikat pada lipid. Ya, membrane sel masih tetap fluid karena banyaknya protein tidak mempengaruhi fluiditas dari membran sel itu sendiri.

2.       Apa maksud dari ‘dua dimensional fluid’?
Membrane sel terdiri dari dua lapidan fosfolipid dimana lapisan satu menghadap keluar sel dan lapisan dua menghadap kedalam sel sehingga terdapat dua lapisan fosfolipid yang biasa disebut sebagai lipid bilayer. Membran sel memiliki struktur cair yang fleksibel dimana tiap molekul fosfolipidnya dapat bergerak dengan bebas ke kanan dan ke kiri (Gerak lateral) dan menyebrangi lapisan (flip flop)

3.       Apa yang terjadi bila :
a.       Fosfolipid hanya memiliki satu rantai karbon?
Yang terjadi adalah fosfolipid akan berperilaku seperti detergen. Bila berada di dalam air, mereka akan berkumpul menjadi satu membentuk lingkaran yang terdiri dari fosfolipid berekor satu yang disebut pada detergen disebut micelle dan fosfolipid berekor satu tidak dapat berinteraksi sesamanya membentuk lipid bilayer. Bila fosfolipid berekor dua bentuknya seperti sebuah silinder, fosfolipid berekor satu berbentuk seperti kerucut.
b.      Rantai karbon lebih pendek dari normal?
Karena rantai karbon lebih pendek maka interaksi antara molekul fosfolipid berkurang satu sama lain sehingga menyebabkan lipid bilayer akan lebih fluid atau cair.
c.       rantai hidrokarbon semuanya jenuh?
Struktur membrane sel akan kurang fluid karena rantai hidrokarbon jenuh akan mengemas molekul molekul fosfolipid dengan rapat.
d.      Rantai hidrokarbon semuanya tidak jenuh?
Struktur membrane sel akan lebih fluid karena rantai hidrokarbon tak jenuh akan membentuk ‘kink’ yang akan mencegah pengemasan rapat.
e.      Bilayer mengandung rantai hidrokarbon jenuh dan tak jenuh?
Struktur membrane sel akan tetap fluid. Namun, pada suhu tinggi, membrane sel akan menjadi sangat fluid sehingga membrane sel akan membentuk bilayer yang memiliki lebih banyak hidrokarbon jenuh dan berekor panjang. Pada suhu rendah, membrane sel cenderung menjadi kaku sehingga membrane sel akan membentuk bilayer yang memiliki lebih banyak hidrokarbon tak jenuh dan berekor pendek.
f.        Tiap molekul lipid berikatan pada ujung rantai karbon dengan molekul lipid pada monolayer sebrangnya?
Molekul lipid ini akan membuat sel menjadi kaku pada suhu sedang karena mereka membatasi gerak antar fosfolipid. Sementara pada suhu rendah molekul ini akan mencegah sel menjadi kaku.

4.       Kenapa membran sel eritrosit membutuhkan protein?
Fungsi protein yang tertanam di membrane sel adalah untuk memperkuat dan menjaga bentuk sel. Eritrosit memnutuhkan protein untuk memperkuat membran selnya sehingga sel eritrosit tidak akan pecah meskipun dipompa dengan tekanan tinggi oleh jantung.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 komentar:

JumesaNd mengatakan...

Sangat bermanfaat. Thanks :)

dikanopriy mengatakan...

mkasih, ilmunya

vanty_sardin mengatakan...

Terimakasih

Hendra ndruru mengatakan...

Sangat bermanfaat terimakasih atas ilmu nya🙏

Posting Komentar