Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Jalan Jalan Ke Pulau Tabuhan, Banyuwangi

Liburan sebelum mencapai semester akhir digunakan untuk jalan-jalan ke Banyuwangi. Nah, Banyuwangi tuh ada dimana sih? Jadi, Banyuwangi itu adalah kota yang terletak di ujung timur pulau Jawa, deket banget sama Pulau Bali. Tinggal nyebrang bentar, nyampe deh ke Bali. Ada banyak banget nih, tempat wisata di Banyuwangi. Yang terkenal itu (pastinya kalian semua pada pernah denger) yaitu Kawah Ijen. Nah, tapi, di postingan ini aku gak bahas tentang Kawah Ijen melainkan tentang salah satu wisata pantai di Banyuwangi, yaitu Pulau Tabuhan.

Pulau Tabuhan itu sebenernya suatu pulau kecil yang terletak deket Banyuwangi dan Bali. Aku kesana naik perahu dari Pantai Bangsring. Perjalanannya bentar aja, cuma sekitar 30 menit-an dari Pantai Bangsring. Harga naik perahu sampai sana sih sekitar Rp. 500.000/perahu. Jadi bakal lebih untung kalo naik perahunya banyak orang. Nih, aku tunjukkin letak Pulau Tabuhan dari Pantai Bangsring, Banyuwangi via google maps:




Sampai di Pulau Tabuhan, beuhhh, gak bisa berkata-kata lagi. Bagus banget! Dari atas perahu, bisa keliatan dasar dari lautnya. Ada banyak biota laut, kaya teripang, ikan, bulu babi bisa keliatan. Ohiya, mau nyaranin aja nih, kalau mau nyebrang ke Pulau Tabuhan enaknya rada pagian menuju siang gitu. Soalnya air laut belum pasang, masih surut jadi masih keliatan dasarnya. Air lautnya juga masih tenang, jadi naik perahunya gak begitu bergejolak (?)

Pulau Tabuhan tuh emang pulau kecil gitu, jadi sepi gak ada kehidupan. Pasirnya masih putih banget, terus masih banyak pohon-pohon liar di pulau itu. Terus di pantainya juga banyak karang-karang mati atau cangkang-cangkang kerang. Pokoknya bagus banget deh, worth it banget nyebrang kesana. Ini foto-foto Pulau Tabuhan yang diambil:
Ini Pulau Tabuhan dilihat dari kejauhan

Ini ketika udah rada deket kapalnya ke pulau

Ini bintang laut, lucu banget. Di ada di dasar laut tapi keliatan banget dari atas perahu

Keliatan kan pasirnya putih dan lautnya bergradasi hijau sampai biru

Nah, bisa juga nih snorkling di sekitar Pulau Tabuhan. Pokoknya aku dan temenku (total ber-7) snorkling + nyebrang bolak balik ke Pulau Tabuhan habis sekitar Rp. 850.000 totalnya (tapi udah ditawar-tawar). Harga segitu juga udah bersama dengan tour guide yang bisa ngambil foto kita di bawah laut beserta dengan alat-alat snorkling. Sensasi snorklingnya juga muaanntteppp banget! Ada banyak ikan warna-warni, bulu babi, karang berbagai bentuk bahkan aku nemu bintang laut warna biru. Harga segitu juga udah bersama dengan berenang + foto bersama bayi hiu juga ikan-ikan lainnya (aku lupa ikannya spesies apa). Eits, tapi jangan salah sangka dulu. Bayi hiunya ada di suatu kolam penangkaran dekat rumah apung kok, jadi gak bebas di lautan. Selain itu, bayi hiunya juga gak gigit jadi dijamin aman.

Itu dia gambaran kecil pengalamanku nyebrang ke Pulau Tabuhan. Postingan ini belum sepenuhnya menggambarkan betapa cantiknya Pulau Tabuhan. Jadi, kalau kalian bener-bener penasaran sama indahnya Pulau Tabuhan, ya satu-satunya cara adalah pergi kesana sendiri hehe.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar