Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Sukses UAN (Tips Mendapatkan Nilai Terbaik Dalam UAN)

Sekarang udah memasuki tahun ajaran baru. Nah, biasanya yg naik ke kelas 6 SD; 3 SMP atauu 3 SMA lagi sibuk sibuknya mempersiapkan untuk UAN alias Ujian Akhir Nasional. Ujian ini biasa diselenggarakan di seluruh Indonesia pada hari yang sama yang bertujuan untuk menentukan nilai murni anak. jadi, bisa disebutkan UAN itu bagaikan kesimpulan hasil si anak selama belajar di sekolah selama ini.

Nah, karena gue juga udah naik ke kelas 3 SMP, jadi gak ada salahnya dong, gue bahas seputar UAN. Ini beberapa tips menghadapi UAN dari gue. yah... setidaknya bisa membantu temen temen sekalian dalam menghadapi UAN ;)
Nilai yang didapat sih tidak harus sempurna, karena itu terlalu sulit. misalkan saja UAN SD, nilai paling sempurna adalah 30 dan rata rata ketiga mata pelajaran adalah 10. wuih... susah itu susah! tapi, gak ada yang gak mungkin di dunia ini. So, coba aja berusaha segigih mungkin, siapa tau aja bisa mencapai nilai sesempurna itu.
Nilai UAN sih bagi gue yang penting bagus dan memuaskan. Puas dalam arti bukan berarti karena nilai besar aja, tapi puas artinya adalah nilai yang didapat dari hasil keringat sendiri, bukan hasil nyontek atau curang.
Nah, berikut tips menghadapi UAN dari gue :
1) Berdoa
Bagi gue ini adalah yang paling penting. nilai spiritual dalam kehidupan itu merupakan titik yang paling utama. berdoalah dan memintalah kepada Tuhan sesuai kepercayaan masing masing. Insya Allah pasti dikabulkan :)
2) Belajar.
Soal soal yang dihadapi saat UAN itu ya dari pelajaran yg udah diajarkan sama guru masing masing. Nah, supaya dapet hasil yang lebih bagus, belajarlah kalian. belajar itu gak usah lama sampai seharian tapi dilakuin sekali doang, belajar yang bagus adalah belajar yang efektif. yang dilakukan setiap hari dengan jangka waktu belajar yang gak terlalu lama banget. misalkan dua jam tiga jam, tapi dilakuin setiap hari.
3) Berusaha.
Ada sebuah hadits, yaitu manjadda wa jadda yang artinya barang siapa yang bersungguh sungguh akan mendapatkannya. nah, usaha yang kalian butuhkan adalah berusaha dengan bersungguh sungguh.
4) Jujur.
UAN itu harus jujur. jika curang itu namanya dusta. percuma nilai besar tapi bukan dari hasil usaha sendiri. memang kita untung ketika berbohong disaat ini, tapi akan rugi di kemudian hari. jika NEM yang didapat begitu besar, orang orang pasti akan menganggap bahwa si anak adalah orang yang pintar. nah, ketika ia mendapatkan sekolah favorit dan disana ia sama sekali tidak berprestasi, pasti rasa yang menguar pertama kali adalah rasa malu. orang orang pasti akan curiga, bagaimana bisa si A dapat NEM tinggi jika prestasinya ternyata serendah itu. itu sih gambaran gue aja. jujur itu penting sebenernya, untuk membentuk karakter baik si anak :)
5) Semangat dan Percaya Diri.
Tumbuhkan rasa semangat dan percaya diri. jangan pernah gugup apalagi stress ketika menghadapi UAN. itu hanya akan membuat otak tidak bisa berpikir jernih untuk mengerjakan soal ujian. tumbuhkan semangatmu dengan cara membayangkan masa depanmu yang cerah apabila kamu mendapatkan nilai yang bagus. pasti akan disanjung, dipuji dan orang tua pasti akan bangga. dengan begitu, semangat kamu akan membara dan percaya diri kamu pasti akan berkoar seketika.

nah itu aja tips dari gue. jangan lupa coba, ya! siapa tau aja bisa bantu kalian semua dalam menghadapi UAN. moga nilai yang kalian dapatkan bisa memuaskan ya. doain gue juga moga nilai UAN gue bagus #abaikan .__. hehe... yaudah deh, sekian dari gue, thx ya yg udah baca (ɔ ˘⌣˘)~♡

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

miftakhulf mengatakan...

setuju gan

Sewa Laptop mengatakan...

Nice Info Jangan Lupa Kunjungi https://rentalsewalaptopsurabaya.wordpress.com/

Posting Komentar